Minggu, 17 Maret 2013

Manfaat dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa universal yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, politik, perdagangan, dan lain sebagainya....

Salah satu ’skill’ yang paling dibutuhkan saat ini adalah Bahasa Inggris. Sesuai dengan penjelasan di atas, Bahasa Inggris merupakan bahasa global, maka bagi mereka yang ingin selangkah lebih maju dari orang pada umumnya, perlu bahkan harus menguasai Bahasa Inggris.
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mampu menguasai bahasa Inggris. berikut adalah daftar dari manfaat belajar bahasa Inggris sementara menurut sepengetahuanku :

  1. Mendongkrak Nilai/IPK
    Bagi yang masih duduk dibangku sekolah ataupun kuliah, mata pelajar atau mata kuliah bahasa Inggris selalu ada. Bahkan sekarang siswa SD pun sudah diberi mata pelajaran bahasa Inggris. Kalau kamu yang masih duduk di bangku sekolah, Jika mampu menguasai bahasa Inggris, tentu akan mendongkrak nilai raport atau IPK kamu.


  2. Menambah Daftar atau Koleksi Prestasi
    Selain itu, kamu yang masih dalam masa studi, jika kemampuan bahasa Inggris kamu bagus, kamu bisa ditunjuk sekolahmu sebagai delegasi untuk mengikuti lomba seperti lomba pidato bahasa Inggris, lomba debate bahasa Inggris, menulis essay/karya tulis berbahasa Inggris dll. Jika kamu menang tentu akan menambah torehan prestasi kamu dan tentu akan menambah poin plus jika kamu menuliskan daftar prestasi di Curriculum Vitae (CV) kamu. Orang tua bangga, pacar bangga, yang pasti kamu juga.


  3. Menambah Uang Saku Saat pada Masa Studi
    Banyak yang pada saat kuliah mencari tambahan penghasilan untuk membiayai kuliahnya. Jika bahasa Inggris kamu bagus, bahasa Inggris bisa menjadi salah satu alternative untuk menambah pundi-pundi saku kamu. Bisa dengan membuka les privat, atau mendaftar menjadi tentor di lembaga kursus di tempat sekitar kamu tinggal, atau bisa juga menjadi guide untuk jasa travel touris manca negara, bisa juga menjadi penerjemah buku-buku bahasa Inggris yang sesuai dengan bidang yang sedang kamu geluti.


  4. Syarat Mutlak Mendapatkan Bea Siswa ke Luar Negeri.
    Siapa sih yang tidak ingin belajar di luar negeri? hampir semua pasti ingin. Selain biaya studi gratis, kita masih dapat uang saku banyak. Hanya saja ada syarat mutlak yang harus kita miliki, yaitu penguasaan bahasa Inggris. Parameternya biasanya adalah score TOEFL. Tidak sedikit yang ingin kuliah ke luar negeri tapi terganjal persyaratan ini. Nah ada baiknya kamu score TOEFL dengan mengerjakan soal TOEFL di bawah ini TEST TOEFL. 


  5. Salah satu Materi Ujian PNS.
    Banyak orang yang mendambakan untuk menjadi PNS. Di Indonesia, PNS masih menjadi favorit nomor 1 bagi para pencari kerja. Sebenarnya lowongan pekerjaan selain PNS pun banyak yang mensyaratkan bisa bahasa Inggris. so, jika ingin sukses mengerjakan soal-soal PNS, salah satunya kamu musti bisa bahasa Inggris.


  6. Membantu Menguasai Teknologi.
    Teknologi sudah tidak dapat dihindari lagi. Orang yang ingin menang dalam kompetisi dunia harus menguasai teknologi. Namun, perangkat keras maupun lunak sekarang 80% menggunakan bahasa Inggris. Contoh kecil, ketika kita ingin menginstal software di komputer kita, instruksinya menggunakan bahasa Inggris. Mungkin secara umum, cara menginstal software/aplikasi hampir sama, tinggal next dan next. Tapi tidak jarang kemudian timbul error dan ada pesan dengan redaksi bahasa Inggris. Jika dikantor hanya kamu yang bisa menguasai bahasa Inggris, tentu kamulah yang jadi andalan.


  7. Membantu Memecahkan Masalah.
    Ini berangkat dari pengalaman saya. Sering kita menjumpai permasalahan yang berujung pada bertanya pada prof. Google. Kita berharap banyak artikel yang bisa membantu atau memberikan informasi untuk memecahkan masalah kita. Tapi tidak jarang artikel bahasa ibu (red: Indonesia) tidak dapat menjawab dengan tuntas. Maka kita perlu mencarinya di artikel-artikel berbahasa Inggris. Bukan under estimate sama orang Indonesia, tapi negara barat, terutama negara maju, keilmuannya selangkah atau berlangkah-langkah lebih maju daripada orang kita. 

            8. Membantu Mendapatkan Pekerjaan Lokal atau Interlokal


Modal utama untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik bukanlah usia seseorang, namun sebesar apa tekad seseorang untuk belajar.
       Mungkin teman-teman masih ada yang ingin menambahkan dari pendapatnya, silahkan bisa ditambahkan di kolom komentar ^_^ untuk saya masukkan ke dalam postingan. Sehingga akan semakin memberikan motivasi kepada kita dan semua orang Indonesia untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih semangat.

*Pengetahuan kosakata dalam bahasa Inggris merupakan modal utama dalam mempelajari bahasa ini, contoh sederhana : 
Baik   =  Good
Cantik=  Beautiful
Putih  =  White 
Dengan kata lain kosakata adalah kata-kata tunggal atau pembendaharaan kata,  yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru.

Saat kita bertanya “Kapankah saat yang paling tepat untuk belajar Bahasa Inggris?” Sekaranglah saatnya!! ^_^

Tidak ada komentar: